STANDAR PELAYANAN

 

Unit/Satker Pelayanan          : Seksi Pemberdayaan Sosial

                                                  Bidang Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial Dinas Sosial Kab. Karanganyar

Jenis Pelayanan                    : Pengajuan Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan

No Komponen Penilaian Uraian
1 Dasar Hukum
  • Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional
  • Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  • Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tenteng Pemerintahan Daerah
  • Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2012 tenteng Penerimaan Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan
  • Peraturan Mentri negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor Per /21/M.PAN/II/2008 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Pemerintah
  • Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor: 52 Tahun 2011 Tentang Standar Operasional Prosedur di Lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten / Kota
  • Permensos Nomor 146 Tahun 2013 tentang Penetapan Kriteria dan pendapatan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu
  • Permensos Nomor 147 tahun 2013 tentang Penetapan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan
  • Kepmensos Nomor 170 Tahun 2015 tentang Penetapan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Tahun 2016
  • Peraturan Bupat Katanganya No.69 tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Pemerintahan di Lingkungan Pemerintah Kabupatan Karanganyar
2 Persyaratan
  • Foto copy Kartu Keluarga
  • Foto copy KTP
  • Foto copy akta kelahiran
3 Sistem Mekanisme dan prosedur
  • Pemohon kepesertaan PBI
    Kepala Desa melelui Satgaskin memastikan Pemohon kepesertaan sudah masuk Basis Data Terpadu (BDT) jika pemohon kepesertaan dinyatakan miskin tetapi belum masuk BDT Satgaskin memasukkan ke BDT terlebih dahulu
  • Menerima dan memeriksa kelngkapan berkas permohonan kepesertaan PBI
  • Jika administrasi memenuhi maka permohonan dinyatakan masuk BDT, kemudian Dinas Sosial mengusulkan PBI untuk JKN KIS melalui aplikasi SIKS-NG Online
  • jika persyaratan administrasi tidak memenuhi, maka berkas dikembalikan ke kepala desa agar satgaskin untuk memasukkan ke BDT lewat aplikasi SIKS-NG OFFLINE terlebih dahulu
4 Jangka Waktu Penyelesaian
  • kurang lebih 1jam 30menit
5 Biaya/Tarif Tidak dipungut biaya
6 Produk Pelayanan Setelah terdaftar kepesertaan PBI masyarakat akan mendaatkan bantuan sosial
7 Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan Datang langsung ke Dinas Sosial Karanganyar, kotak pengaduan, email (dinsos@karanganyarkab.go.id), website (dinsos.karanganyarkab.go.id), telepon (0271-495031) fax (0271-494043)
8 Jaminan Pelayanan Diwujudkan dengan adanya kepastian persyaratan, waktu, proses data base, prosedur, dan dukungan mitra kerja