STANDAR PELAYANAN

Unit/Satker Pelayanan          : Seksi Penyantunan Anak dan Keluarga

                                                     Bidang Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kab. Karanganyar

Jenis Pelayanan                    : Rekomendasi Adopsi Anak

No Komponen Penilaian Uraian
1 Dasar Hukum
  • Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 1979 Tentang Pengangkatan Anak.
  • Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 Tentang Kesejahteraan Anak.
  • Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Penyempurnaan Surat Edaran Nomor 2 Tahun 1979.
  • Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 1989 Tentang Pengangkatan Anak.
  • Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Pelindungan Anak.
  • Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Pengangkatan Anak.
  • Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.
  • Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 Tentang Peradilan Agama dan telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007 Tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak.
  • Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No. 110/HUK/2009 Tentang Persyaratan Pengangkatan Anak.
2 Persyaratan
  1. Surat Permohona Izin Pengangkatan Anak kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah di atas kerta.
  2. Asli/Legalisir Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah.
  3. Asli/Legalisir Surat Keterangan Kesehatan Jiwa dari dokter Spesialis Jiwa dari Rumah Sakit Pemerintah.
  4. Legalisir Akte Kelahiran COTA.
  5. Asli/Legalisir Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK ) setempat
  6. Legalisir Surat Nikah/Akta perkawinan COTA.
  7. Legalisir Kartu Keluarga dan KTP COTA.
  8. Legalisir Akta Kelahiran Calon Anak Angkat ( CAA ).
  9. Legalisir Kartu Keluarga dan KTP Orangtua Kandung/wali yg sah/kerabat CAA.
  10. Asli/Legalisir Keterangan penghasilan dari tempat kerja COTA.
  11. Asli Surat Pernyataan persetujuan Calon Anak Angkat di atas kertas bermaterai cukup bagi anak yang telah mampu menyampaikan pendapatnya dan/atau hasil laporan Pekerja Sosial.
  12. Asli Surat izin dari orang tua kandung/wali yang sah/kerabat di atas kertas bermaterai cukup.
  13. Asli Surat Pernyataan tertulis di atas kertas bermaterai cukup yang menyatakan bahwa pengangkatan anak demi kepentingan terbaik bagi anak dan perlindungan anak.
  14. Asli Surat pernyataan akan memperlakukan anak angkat dan anak kandung tanpa diskriminasi sesuai dengan hak-haknya dan kebutuhan anak di atas kertas bermaterai cukup.
  15. Asli Surat Pernyataan tertulis dan jaminan COTA di atas kertas bermaterai cukup yang menyatakan bahwa seluruh Dokumen yang diajukan adalah sah dan sesuai fakta yang sebenarnya.
  16. Asli Surat Pernyataan bahwa COTA akan memberitahukan kepada anak angkatnya mengenai asal usulnya dan orang tua kandungnya dengan memperhatikan kesiapan anak di atas kertas bermaterai cukup.
  17. Laporan Sosial yang dibuat oleh Pekerja Sosial Lembaga Pengasuhan Anak atau Surat Keterangan dari COTA mengenai kronologis anak sehingga berada dalam Asuhan mereka.
  18. Asli/Legalisir Surat pernyataan dari orang tua/wali yang sah kerabat kepada Rumah Sakit/Kepolisian/Masyarakat yang dilanjutkan dengan penyerahan anak kepada instansi sosial.
  19. Asli/Legalisir Surat penyerahan anak dari instansi Sosial instansi Sosial kepada lembaga Pengasuhan Anak.
  20. Asli/Legalisir Surat Keputusan kuasa asuh dari kepada Lembaga Pengasuhan Anak.
  21. Asli Surat Keputusan izin asuhan dari Kepala Instansi Sosial.
  22. Asli Berita Acara Penyerahan Anak dari Lembaga Pengasuhan Anak kpd COTA.
  23. Asli/Legalisir Surat/Berita Acara Penyerahan Anak dari orangtua kandung kepada COTA yang diketahui kepala desa atau lurah setempat.
  24. Asli Laporan Sosial CAA & Laporan Sosial COTA dibuat oleh Pekerja Sosial Instansi Sosial Kabupaten/Kota.
  25. Asli Surat Rekomendasi dari Kepala Instansi Sosial Kab./Kota.
Keterangan: point 17, 18, 19, 20, 21, dan 22 adalah tambahan persyaratan administratif COTA untuk Pengangkatan Anak melalui Lembaga Pengasuhan Anak.
3 Sistem Mekanisme dan prosedur
4 Jangka Waktu Penyelesaian Kurang lebih 1 tahun.
5 Biaya/Tarif Tidak dipungut biaya
6 Produk Pelayanan Memberikan rekomendasi kepada COTA dan pendampingan sampai putusan pengadilan.
7 Pengawasan Internal Selama menunggu putusan pengadilan,, pelayanan yang diberikan oleh dinas sosial berupa kunjungan ke COTA dan calon Adoptan setiap 6 bulan sekali.
8 Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan Datang langsung ke Dinas Sosial Karanganyar, kotak pengaduan, email (dinsos@karanganyarkab.go.id), website (dinsos.karanganyarkab.go.id), telepon (0271-495031) fax (0271-494043)
9 Jaminan Pelayanan Diwujudkan dengan adanya kepastian persyaratan, waktu, proses data base, prosedur, dan dukungan mitra kerja