STANDAR PELAYANAN

Unit/Satker Pelayanan          : Seksi Tuna Sosial

                                                     Bidang Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kab. Karanganyar

Jenis Pelayanan                    : Penanganan Pengemis, Gelandangan, dan Orang Terlantar

No Komponen Penilaian Uraian
1 Dasar Hukum
  • Undang-undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial.
  • Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Penanggulangan Kemiskinan.
  • Peraturan Pemerintah No.31 Tahun 1980 Tentang Penanggulangan Gelandangan dan Pengemis
  • Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 1981 Tentang Pelayanan Kesejahteraan Sosial Bagi Fakir Miskin.
  • Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial.
  • Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Organisasi Dan Tatakerja Dinas Daerah Provinsi.
  • Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 37 Tahun 2013 (Ttg Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Di Lingkungan Penerintah Provinsi Jawa Tengah).
  • Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 53 Tahun 2013 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pada Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.
2 Persyaratan
  • Pengemis, Gelandangan, Orang terantar(tuna wisma) hasil laporan masyarakat yang dijaring Satpol PP, Polsek, atau Polres yang dirujuk ke dinas sosial.
  • Dinas Sosial dalam hal ini menerbitkan surat keterangan rujukan ke RSU atau RSJ. jika PGOT masih memiliki keluarga, maka Dinas Sosial akan mengembalikan ke keluarganya.
3 Sistem Mekanisme dan prosedur
  • Menerima laporan hasil penjaringan (Satpol PP, Polsek/Polres) dan masyarakat (melalui surat masuk/Pengaduan langsung)
  • Menerima laporan dan menindaklanjuti serta koordinasi dengan instansi terkait (RSU,RSJ,Satpol PP, Polsek/Polres)
  • Menerima dan menjemput pasien sesuai kondisi PGOT, serta membuat surat rekomendasi
  • Mendistribusikan surat rekomendasi ke RSU/RSJ
  • Mengantarkan pemeriksaan keshatan PGOT dari RSU/RSJ bahwa pasien sudah sehat/sembuh
  • Menjemput pasien PGOT dari RSU/RSJ
  • Memotivasi dan mengantarkan pasien PGOT ke keluarga agar dirawat (bila punya keluarga)

  • Jika PGOT tidak memiliki keluarga, maka :
  • Berkoordinasi dengan balai rehabilitasi atau panti sosial
  • Dinsos membuat surat Permohonan pelayanan PGOT kebalai rehabilitasi atau panti sosial
  • Dinsos mengantarkan PGOT atau pasien ke panti sosial atau balai rehabilitasi
  • Mengkomunikasikan pasien dengan keluarganya setelah 2 tahun mendapatkan rehabilitasi di panti sosial atau balai rehabilitasi
  • Menjemput dan mengantarkan pasien PGOT dari panti sosial/balai rehabilitasi ke keluarganya.
4 Jangka Waktu Penyelesaian Kurang lebih 3 hari.
5 Biaya/Tarif Tidak dipungut biaya
6 Produk Pelayanan Memberikan rekomendasi kepada PGOT untuk ke RSU/panti sosial/balai rehabilitasi
7 Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan Datang langsung ke Dinas Sosial Karanganyar, kotak pengaduan, email (dinsos@karanganyarkab.go.id), website (dinsos.karanganyarkab.go.id), telepon (0271-495031) fax (0271-494043)
8 Jaminan Pelayanan Diwujudkan dengan adanya kepastian persyaratan, waktu, proses data base, prosedur, dan dukungan mitra kerja